10 Alasan Sederhana Kuliah di Luar Negeri

10 Alasan Sederhana Kuliah di Luar Negeri

Sering kali, kita merasa takut untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, misalnya untuk kuliah. Bayangan hidup di rantau jauh dari keluarga, saudara, dan teman dekat menahan kita untuk mengambil kampus di luar daerah.

Kondisi yang sama mungkin menjadi faktor penyebab kita enggan kuliah di luar negeri. Terlebih jika mengingat bahasa dan budaya yang sangat jauh berbeda dari keseharian kita di Tanah Air. Padahal, sejatinya menempuh studi di luar negeri adalah salah satu titik penting dalam pengalamanmu sebagai mahasiswa. Kecuali kamu berencana bekerja di negeri asing, berapa sering kamu mendapat kesempatan untuk tinggal di negeri orang? Seberapa sering kamu mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung dari berbagai stereotipe yang kita buat tentang negara lain, atau sebaliknya?

Sebagai insight, ada setidaknya 10 alasan mengapa kamu harus kuliah ke luar negeri. seperti dilansir Surviving College:

1. Belajar bahasa asing lebih cepat ketimbang di kelas
Hal ini bisa terjadi, tentu saja jika kamu membuka dirimu untuk terlibat dalam pengalaman belajar bahasa. Kamu akan dikelilingi oleh berbagai bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, melihat, mendengar, dan berusaha menggunakannya dalam konteks yang tepat. Ketika “dipaksa” memesan makanan, menelepon taksi, bahkan meminta bus untuk berhenti di tempatmu menuntut ilmu, maka kondisi itu akan membantumu dengan perbendaharaan frase yang penting dalam kelangsungan hidup sehari-hari.

2. Berteman dengan orang dari berbagai negara 
Kamu akan bertemu dengan mahasiswa asli yang dapat menghubungkanmu dengan tempat tinggal barumu. Di saat yang sama, kamu juga akan bertemu dan berteman dengan pelajar internasional yang juga mengalami gegar budaya sepertimu. Karena kamu akan mengalami semua hal ini bersama-sama, maka kalian akan menjadi sahabat dekat dengan cepat. Dan ini adalah perasaan yang indah.

3. Kesempatan bepergian murah
Ketika di luar negeri, kamu akan berkesempatan bepergian ke berbagai negara dengan harga cukup murah. Misalnya jika kamu kuliah di Inggris, kamu dapat mengunjungi berbagai negara di Eropa.

4. Belajar langsung tentang budaya 
Apakah pelajaran budaya yang kamu dapatkan di kelas terbukti benar? Kamu bisa mengobservasi semua stereotipe dan kesalahpahaman budaya selama masa tinggalmu di negara asing. Perlu kamu ingat, budaya tidak hanya tentang makanan, lagu, atau pakaian khas negara tertentu. Budaya juga termasuk kepercayaan dan nilai-nilai hidup yang dipegang para masyarakat asli suatu negara

5. Mendapat perspektif baru tentang negaramu
Kita tahu banyak stereotipe tentang orang-orang asing, namun apa yang sebenarnya mereka pikirkan tentang kita? Kamu bisa mendapatkan pandangan, baik positif maupun negatif, tentang Tanah Air dari para pelajar internasional di kampusmu. Dan kesempatan ini mungkin akan memberimu kesempatan untuk mewakili negaramu secara baik, dan menanggapi generalisasi yang mereka tetapkan atasmu.

6. Terbebas dari rutinitas 
Jika kamu termasuk mahasiswa yang sangat aktif di kampus, terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, maka kamu akan terbiasa dengan jadwal yang padat. Pertemuan kelompok, kuliah penuh, proyek klub, kerja paruh waktu, dan magang menyibukkanmu setiap hari. Selalu ada alasan mengapa kamu berpikir semua sistem itu akan berantakan ketika kamu tidak hadir. Tetapi kamu harus tetap menjaga pemikiran ini: seseorang akan selalu ada di sana ketika kamu tidak ada. Kamu tidak perlu mengorbankan hidupmu hanya karena kamu khawatir semua akan berantakan tanpa kehadiranmu. Kamu bisa mencoba sebuah pengalaman satu semester tanpa kekhawatiran, tanpa kewajiban.

7. Kesempatan belajar tentang dirimu
Ketika kamu berada di dunia yang benar-benar beda, kamu akan punya kesempatan untuk memikirkan ulang semua kepercayaan dan cara pandangmu, termasuk nilai-nilai yang kamu anut. Kamu dapat memilih untuk menyambut konsep dan persepsi baru karena kamu akan berkesempatan mempelajari banyak hal baru.

8. Kamu dapat mengeksplorasi warisanmu
Sebagian dari kita mungkin memiliki kakek nenek dari negara tempat kita menuntut ilmu. Ketika kamu merasakan pengalaman budaya di tempat keluargamu dibesarkan, hal itu akan memberimu pemahaman baru tentang siapa mereka. Pengalaman ini juga akan membuatmu mengeksplorasi berbagai hal yang telah menjadi bagian dari dirimu, yang nantinya akan membantumu mengembangkan identitas individumu.

9. Meningkatkan nilai jual di resumemu
Belajar di luar negeri tidak hanya akan meningkatkan nilai jual akademis dalam resume atau curiculum vitaemu (CV). Pengalamanmu berinteraksi dengan orang dari berbagai negara akan memberi nilai tambah juga di mata para perekrut karyawan.

10. Meningkatkan nilai gelar akademikmu
Kamu dapat mempelajari bagaimana kondisi budaya yang berbeda dapat mempengaruhi konsentrasimu belajar, berdiskusi, dan berpikir. Seringkali, kampusmu di luar negeri akan memberi kesempatan di mata-mata kuliah tertentu yang tidak bisa kamu ambil di Tanah Air. Kesempatan ini akan membantumu menambahkan perspektif internasional dalam studimu, entah kamu mendalami linguistik, literatur, bisnis, ataupun teknik.

2 thoughts on “10 Alasan Sederhana Kuliah di Luar Negeri

  1. Ping-balik: 10 Alasan Sederhana Kuliah di Luar Negeri | Indonesia Blog

Jangan lupa tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s