Antum Artinya

Antum???
« pada: September 26, 2006, 04:36:24 am »
Sampai saat ini saya masih bingung, kenapa memanggil seseorang dengan antum, padahal artinya sudah jelas antum = kalian, kenapa tidak anta/anti saja???  :-??Kemudian apa guna kata anta/anti kalau tidak digunakan?  :-O

Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #1 pada: September 26, 2006, 06:22:45 am »

Sampai saat ini saya masih bingung, kenapa memanggil seseorang dengan antum, padahal artinya sudah jelas antum = kalian, kenapa tidak anta/anti saja???  :-??

Kemudian apa guna kata anta/anti kalau tidak digunakan?  :-O

kata antum artinya memang kalian
tapi bisa juga dipergunakan untuk penghormatan
siapa bilang kata anta/anti gak pernah dipergunakan?
mungkin hanya karena kebiasaan, jadi kata antum yg lebih sering dipakai….

Tercatat
Re: Antum???
« Jawab #2 pada: September 26, 2006, 01:27:22 pm »
Kebiasaan yah…  :))
Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #3 pada: September 26, 2006, 10:05:15 pm »
kenapa juga kok ga pake kamu, aku dan sebagainya >..  :Dbukankah artinya sama aja?? malah kita khan harus bangga sebagai bangsa indonesia… tp dulu pernah dijawab ma temenku “sebagai identitas”… ya begitulah… kalo menurutku sih mana yang baik lah… khan juga bukan masalah prinsip hehehe  :D

Tercatat

82

  • Pengunjung
Re: Antum???
« Jawab #4 pada: September 26, 2006, 10:13:24 pm »

kenapa juga kok ga pake kamu, aku dan sebagainya >..  :D

bukankah artinya sama aja?? malah kita khan harus bangga sebagai bangsa indonesia… tp dulu pernah dijawab ma temenku “sebagai identitas”… ya begitulah… kalo menurutku sih mana yang baik lah… khan juga bukan masalah prinsip hehehe  :D

kan ada orang nasionalis dan orang religius

Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #5 pada: September 26, 2006, 11:56:54 pm »
Kok gak pake full bahasa arab sekalian? Tidak kaffah dong cuman setengah setengah :D
Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #6 pada: September 27, 2006, 08:29:21 am »
kan ada orang nasionalis dan orang religius
[/quote]Orang yang menggunakan istilah bangsa sendiri belum tentu nasionalis dan yang menggunakan istilah Arab belum tentu religius. Religiusitas itu bukan ditentukan oleh simbol.
Istilah apapun baik asal sesuai dengan konteks budayanya dan dianggap sopan pada masyaraka tersebut. Misalnya memanggil kamu kepada orang tua biasanya dianggap tidak sopan. Tetapi ada di satu daerah yang biasa memanggil kamu kepada orang yang dihormati, seperti guru. Dan itu tidak dianggap tidak sopan.

Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #7 pada: September 27, 2006, 11:16:43 am »

Kok gak pake full bahasa arab sekalian? Tidak kaffah dong cuman setengah setengah :D

Pletakkkk…..*sambil jitak husni*…:;))
Nggak ada hubungannya antara gk bisa bahasa arab dengan Kaffah gk kaffah nya kita dalam Islam, meskipun emang penting bisa bahasa ‘arab sebagai penunjang agar lebih paham Al-Quran dan hadits juga literatur-literatur tentang Islam yang sebagian besar berbahasa ‘arab…

yang paling penting adalah kita bijaksana menggunakan bahasa-bahasa tersebut…sebagai contoh, saya juga agak kurang ‘sreg’ kalo dipanggil antum, karena saya seorang diri…lebih tepatnya memang anta.

Tapi kalo kita berbicara dengan orang lain, belum tentu orang lain juga suka pake bahasa ‘arab…adalah lebih bijaksana kalau kita bisa berbicara dengan bahasa yang lawan bicara kita pahami…meskipun itu lu gua, urang maneh (kalo dalam bahasa sunda)…itu akan membuat lawan bicara kita merasa tidak sedang berbicara dengan orang asing…;)

Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #8 pada: September 27, 2006, 04:45:01 pm »

Kok gak pake full bahasa arab sekalian? Tidak kaffah dong cuman setengah setengah :D

Pletakkkk…..*sambil jitak husni*…:;))
Nggak ada hubungannya antara gk bisa bahasa arab dengan Kaffah gk kaffah nya kita dalam Islam,

Maksudku bukan kaffah islamnya, kaffah bahasanya  :))

Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #9 pada: September 27, 2006, 10:14:43 pm »
Kalau saya malah ngga pernah pake sapaan bahasa arab (antum,ane,ana,akhi dll) dan lebih sering menggunakan saya/kamu atau lo/gue….tapi itu tergantung lawan bicaranya. Meski lawan bicara ngomong dengan sapaan bahasa arab tapi saya lebih nyaman menggunakan saya/kamu dan itu menurut saya lebih baik karena takut terbesit perasaan sombong , riya, atau penyakit hati lainnya (karena menggunakan sapaan arab di tengah komunitas yang masih asing dengan bahasa arab)
Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #10 pada: September 28, 2006, 10:26:24 am »

ohhh…makanya jangan pake bahasa arab, supaya gk miskom…baru jg d omongin…:p

« Edit Terakhir: Oktober 01, 2006, 11:25:17 am oleh bangsholeh »
Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #11 pada: September 29, 2006, 05:32:01 am »
jadi… lo mau kemana?
gw mah mau nongkrong aja di sini
jangan gitu akh…
ari maneh…..dibuat dalam susana pikiran yang sedang kacau beliau (kalo ga layak tampil hapus aja)

Tercatat

82

  • Pengunjung
Re: Antum???
« Jawab #12 pada: September 29, 2006, 03:27:31 pm »
Kutip

kan ada orang nasionalis dan orang religius

Orang yang menggunakan istilah bangsa sendiri belum tentu nasionalis dan yang menggunakan istilah Arab belum tentu religius. Religiusitas itu bukan ditentukan oleh simbol.
Istilah apapun baik asal sesuai dengan konteks budayanya dan dianggap sopan pada masyaraka tersebut. Misalnya memanggil kamu kepada orang tua biasanya dianggap tidak sopan. Tetapi ada di satu daerah yang biasa memanggil kamu kepada orang yang dihormati, seperti guru. Dan itu tidak dianggap tidak sopan.

haduh ko’ ada sie yg nyimpulin tulisan sy kaya gitu.
itu tuh cuma contoh saja
maksudnya karakter orang itu berbeda beda bung

« Edit Terakhir: September 29, 2006, 05:28:28 pm oleh 82 »
Tercatat

Re: Antum???
« Jawab #13 pada: September 29, 2006, 05:20:57 pm »
klu yg saya pernah denger nih klu kata antum tuh lebih sopan dan ngk sombong gitu alasanya allah aja sering mengunakan kata kami walaupun memang haknya allah klu dia mau sombongklu saya/aku dsbg agak kasar dan arogan gitu itu sih yg pernah saya dengar

maaf deh klu salah tolong dikoreksi :)

Tercatat
Re: Antum???
« Jawab #14 pada: September 29, 2006, 11:29:30 pm »
berarti mas gak pake kata Ana untuk menyebut diri sendiri, tapi pake Nahnu gitu?

Tercata

One thought on “Antum Artinya

  1. Assalamu’alaikum wr. wb…saya juga pernah dengar kata antum itu hanya sebuah penghormatan seperti yg tadi dikatakan, asal lawan bicaranya paham sah-sah saja. Kalo mau pake anta anti juga boleh tp mungkin karna tadi seperti yg dikatakan yaitu kebiasaan jadi kata anta anti jarang digunakan.
    Asalkan yg memakai kata antum mengetahui kaidahnya dan hanya bermaksud memasyarakatkan bahasa Arab kalau yg hanya ikut2an saja berarti pandangannya kalau memakai istilah arab dianggap islami🙂 itu menurut yg pernah saya dengar.
    Maaf bila ada kesalahan
    Wallahua’lam bishowab🙂
    wassalamu’alaikum wr. wb.

Jangan lupa tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s