Ribuan Naskah Asli Einstein Diunggah ke Internet

Inilah tampilan halaman depan laman arsip Albert Einstein http://www.alberteinstein.info, yang dicapture, Selasa (20/3/2012).

Ribuan naskah asli karya fisikawan jenius Albert Einstein untuk pertama kalinya akan diunggah ke internet. Berbagai coretan asli Einstein, mulai dari surat-surat pribadi sampai penjelasan singkat teori relativitas, bisa ditemukan di laman http://www.alberteinstein.info.

Ada juga surat-surat Einstein kepada para ilmuwan terkemuka saat ia masih berusia 20 tahun.

Proyek digitalisasi naskah-naskah asli Einstein itu dilakukan oleh Hebrew University of Jerusalem, universitas yang turut didirikan Einstein dan menjadi pemilik sah semua naskah peninggalan ilmuwan tersebut.

Pihak universitas mulai mengeluarkan naskah-naskah ini dari lemari besi kedap udara, memotret naskah-naskah itu dalam resolusi tinggi, dan mulai mengunggahnya ke dalam jaringan. Sebelumnya, proyek digitalisasi sudah dimulai pada 2003, tetapi hanya bisa mengunggah 900 gambar naskah dan katalog yang belum lengkap.

Kini, dengan dana hibah dari Polonsky Foundation UK (yang sebelumnya mendukung proyek digitalisasi naskah-naskah Isaac Newton), pihak Hebrew University bisa mengunggah seluruh koleksi manuskrip Einstein berjumlah 80.000 hal dan semuanya sudah terkatalogkan secara lengkap.

Portal baru berisi naskah-naskah asli Einstein itu diluncurkan pada Senin (19/3/2012) sebagai bagian dari peringatan ulang tahun ke-133 Einstein. Pada tahap awal sejauh ini, pengunjung portal bisa menyimak sekitar 2.000 dokumen yang terdiri dari 7.000 halaman naskah pribadi Einstein hingga tahun 1921.

Dokumen-dokumen pribadi itu termasuk kartu pos kepada ibunya yang sedang sakit, surat cinta ke sekitar enam pacarnya, dan surat-surat dari penggemar Einstein yang berkomentar soal potongan rambutnya yang liar.

Juga ada catatan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh Einstein saat duduk di bangku sekolah, yang menurut kurator proyek ini, Roni Grosz, akan membantah info selama ini yang menyebut bahwa prestasi akademis Einstein buruk selama masih sekolah.

Selain itu, pihak universitas juga akan mengunggah 14 buku catatan Einstein yang penuh dengan coretan-coretan risetnya, termasuk penjelasan singkat yang dalam tulisan tangan tentang teori relativitas dan penguraian singkat rumus paling populer E=Mc2. Ada pula berbagai korespondensi Einstein dengan rekan-rekan ilmuwannya tentang riset yang sedang ia lakukan.

Grosz mengatakan, ada surat-surat yang dikirim Einstein kepada para ilmuwan terkemuka saat ia masih berusia 20 tahun. Hal itu menunjukkan, riset ilmiah Einstein sudah sangat lanjut, bahkan di usia semuda itu.

Selain itu, juga ada beberapa korespondensi yang menunjukkan pandangan politik Einstein, termasuk usahanya untuk menyelesaikan perselisihan antara bangsa Arab dan Yahudi, bahkan sejak sebelum negara Israel didirikan.

Jangan lupa tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s