PacX, Robot Laut dengan Perjalanan Terjauh

PacX Wave Gliders, robot laut yang berhasil memecahkan rekor prjalanan terjauh.

PacX Wave Gliders, robot laut yang dikembangkan oleh Liquid Robot, perusahaan robot yang berbasis di California, berhasil memecahkan rekor sebagai robot laut yang mampu menempuh perjalanan terjauh.

PacX yang didayai oleh gelombang laut berhasil menempuh perjalanan sejauh 3200 mil laut dari Pantai Barat di Amerika Serikat menuju Hawaii di Pasifik.

“Kami bangga PacX Wave Gliders kami berhasil mencapai tujuan pertama mereka dan memecahkan rekor dunia,” ungkap Edward Lu, Chief of Innovative Application di Liquid Robotics.

Seperti dikutip Livescience, Selasa (13/3/2012), Lu menuturkan bahwa PacX mencerminkan robot masa depan yang mampu melakukan pemantauan lingkungan laut secara autonom di wilayah yang sulit dijangkau.

PacX memiliki perangkat yang mampu mengubah gelombang laut menjadi gaya untuk memungkinkannya bergerak maju. Ini membuatnya bergerak ribuan mil tanpa bahan bakar dalam misi yang berlangsung tahunan.

Jarak yang ditempuh PacX kini belum seberapa. Robot laut ini ditargetkan akan menuju Jepang dan Australia melewati Palung Mariana, titik terdalam di dunia. Total jarak yang ditempuh nantinya sekitar 9000 mil laut.

Robot ini diperkirakan akan sampai mencapai targetnya pada akhir 2012 atau awal 2013. Nantinya, robot juga diharapkan bisa memantau pengasaman lautan, perikanan maupun bahaya tsunami.

Jangan lupa tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s